Project animasi softskill (Membuat animasi siklus litik virus)

Assalamualaikum wr.wb, pada postingan saya kali ini, saya akan membahas sedikit tentang project tugas akhir mata kuliah softskill di semester 5 yaitu desain pemodelan grafik beserta software yang akan saya gunakan untuk membuatnya.
Pada mata kuliah softskill semester lalu saya mendapat tugas akhir untuk membuat sebuah website, namun pada kali ini sangat berbeda karena saya mendapa tugas akhir untuk membuat tugas akhir berupa animasi  baik dalam bentuk 2D atau 3D dengan kebebasan untuk memilih software yang digunakan. Saya mempunyai ide untuk membuat sebuah animasi 3D sederhana yang berjudul “Animasi Siklus Litik pada Virus”.
Apa itu siklus litik? Menurut wikipedia, siklus litik adalah siklus reproduksi virus selain siklus  lisogenik. Siklus litik dianggap sebagai cara repoduksi virus yang utama karena menyangkut penghancuran sel inangnya. Jadi, nanti pada animasi yang ingin saya buat berupa animasi fase fase siklus litik yaitu fase absorpsi, fase penetrasi, fase replikasi, fase perakitan dan fase lisis.
Software yang saya gunakan untuk membuat animasinya adalah Blender 3D. Blender disini bukan untuk membuat juice :D, tapi blender disini adalah sebuah software untuk membuat desain 3D, desain 2D, animasi, editing video,dsb. Software blender ini diciptakan oleh Ton Roosendaal pada tahun 1988. Tanggal 13 Oktober 2002, Blender dirilis pertama kali dengan ketentuan GNU (General Public License). Sejak saat itu, pengembangan Blender terus dilakukan hingga saat ini dengan bantuan relawan-relawan dari seluruh penjuru dunia dibawah pimpinan Ton Roosendaal. Agar Blender dapat terus berkembang maka sebagai salah satu cara penggalangan dana, Blender Foundation memutuskan untuk membuat berbagai film pendek 3D, dengan menggunakan sumber daya manusia dari orang-orang yang tergabung dalam komunitas Blender di seluruh dunia. Blender bisa berjalan di banyak system operasi yaitu linux, windows, solaris,  mac os, dsb.

Mengapa saya memilih blender???? Alasan utamanya adalah karena blender merupakan salah satu software dengan ketentuan GNU yang artinya kita bebas menggunakan software tanpa harus membeli lisensinya. Selain itu, software blender mengalami kemajuan pesat dan merupakan software 3D yang sedang banyak digandrungi oleh para animator karena kualitasnya sehingga saya berkeinginan juga untuk bisa mengguanakannya.
Berikut screenshoot sedikit animasi yang telah saya buat :







Referensi :

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »