Indonesia Yang Lebih Baik Dengan Open Source !

Open source........ ya open source !
Open Source Choice (www.youritservices.co.nz)

Apa itu Open Source ?
Open source adalah suatu istilah yang digunakan untuk software (perangkat lunak) yang membuka atau membebaskan source codenya dapat dilihat oleh pengunanya, dan membiarkan penggunanya dapat melihat bagaimana cara kerja dari software tersebut serta penggunanya juga dapat memperbaiki atau mengembangkan software tersebut

Dari pengertian di atas, pada intinya adalah dengan menggunakan aplikasi Open Source, kita bisa menggunakan, memodifikasi, mengembangkan bahkan sampai membuat “komersil” suatu aplikasi. Ya.... semua itu sah dilakukan, tidak melanggar hukum.

Bagaimana dengan aplikasi berbayar (close source) ?

Tidak ada yang salah memang jika kita ingin menggunakan aplikasi yang berbayar dan close source. Yang salah adalah jika kita menggunakan aplikasi berbayar namun itu semua dilakukan melalui proses pembajakan.

Namun, permasalahannya adalah dengan kebiasaan kita menggunakan aplikasi close source dan berbayar, semua penggunaannya menjadi terbatas. Sudah terbatas, tidak bisa diotak-atik, bayar pula.hmmmm

Banyak keuntungan yang bisa kita dapatkan jika menggunakan aplikasi Open Source, seperti :
1.       Penghematan dana, dengan kita menggunakan Open Source kita bisa melakukan penghematan dana untuk membeli sebuah aplikasi, meskipun ada beberapa aplikasi Open Source yang berbayar, tapi harganya pun masih lebih murah jika dibandingkan close source application.

2.       Mudah dikostumisasi sesuai dengan kebutuhan karena source code bisa diubah sesuai keinginan kita tanpa harus melanggar Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI).

3.       Dukungan dari banyak komunitas-komunitas baik dari dalam dan luar negeri.

4.       Menjadikan bangsa Indonesia menjadi semakin kreatif dan inovatif

Bayangkan jika Indonesia menggunakan aplikasi Open Source secara menyeluruh. Dari mulai instansi pemerintahan, pendidikan, BUMN, BUMS, sampai warga Indonesia “disunahkan” untuk menggunakan aplikasi Open Source, saya optimis Indonesia akan menjadi lebih baik.

Pertanyaannya adalah, mengapa sampai sekarang gerakan Open Source masih sangat kurang?

Tidak bisa dipungkiri, meskipun banyak kelebihan-kelebihan yang bisa diambil, masih ada beberapa issue mengenai Open Source diantaranya :
1.       Keamanan informasi, dikarenakan banyak campur tangan komunitas. Ini sebetulnya bisa disiasati dengan membentuk komunitas-komintas yang legal (diakui) serta membentuk organisasi pemerintah yang menaunginya.

2.       Kualitas aplikasi yang masih di bawah aplikasi berbayar. Hal ini sebenarnya bisa dimaklumi karena banyak komunitas Open Source berangkat dari orang per orang dengan tools-tools sederhana, tidak sebanding dengan perusahaan yang memang  mempunyai modal dan tools lebih baik sehingga berefek kepada kualitas aplikasi yang dihasilkan.

3.       Aplikasi Open Source sulit digunakan. Ini mungkin hanyalah faktor “belum terbiasa” saja. Jika memang sulit dalam penggunaan atau pengembangan, bisa saja komunitas-komunitas Open Source  mengadakan seminar atau pelatihan rutin untuk terus mengenalkan Open Source kepada masyarakat.


Yang perlu digaris bawahi adalah Tidak Ada Teknologi Yang Sempurna. Semua ada kelebihan serta kekurangannya masing-masing. Namun sudah sewajarnya dan seharusnya kita menggunakan teknologi yang mempunyai banyak keuntungannya namun minim kekurangannya.

 Saya optimis, #KitaIndonesia pasti bisa menjadi lebih baik dengan Open Source !


Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »