Ingin Membeli Mobil Baru? Ini Kriteria Mobil Nyaman Pilihan Keluarga Indonesia

Sebelum memutuskan untuk membeli sesuatu, tentu kita akan mempertimbangkan banyak hal. Mulai dari “Untuk tujuan apa kita membeli barang tersebut?”, “Fitur apa saja yang kita butuhkan?”, “ Bagaimana kualitasnya?”, dan yang tidak kalah penting adalah “Bagaimana harganya?”.

Ya………..sebagai pembeli yang “cerdas”, kita harus berpikir seperti itu. Apalagi benda yang ingin kita beli adalah mobil yang harganya puluhan sampai ratusan juta. Kalau tetap dipakai, tidak bikin kita merasa nyaman, jika dijual pun butuh waktu dan harganya pasti jatuh. Oleh karena itu, mari kita bahas poin-poin di atas satu per satu.



Untuk tujuan apa kita membeli barang tersebut?”

Jika kita ingin membeli mobil “keluarga”, maka tujuan kita harus jelas. Pilihlah kriteria mobil yang memang diperuntukkan untuk mengakomodir kebutuhan seluruh anggota keluarga . Kita harus menekan ego pribadi kita sendiri. Saya ambil contoh begini, Anda merupakan penggemar mobil  sedan dengan knalpot menggelegar, kursi sport dengan sound nyaring di belakangnya serta bodi mobil yang super “ceper”. Berpikirlah ulang…….. Apakah keluarga Anda akan nyaman dengan mobil tipe tersebut? Jika Anda berpikir “YA” maka artikel ini mungkin tidak berguna untuk Anda. Namun, jika Anda merasa ragu-ragu atau bahkan berpikir “TIDAK”, mari kita bahas lagi, lantas seperti apa kriteria mobil keluarga ?.


Hal yang pertama kita pikirkan saat mendengar “mobil keluarga” adalah KAPASITAS-nya.Mobil keluarga yang baik adalah mobil keluarga yang dapat memuat lebih banyak anggota keluarga Anda. Beli lah mobil yang mempunyai seat lebih dari 4 orang, kursi yang fleksibel serta bagasi yang luas.Di sini saya mengambil contoh  format seat All New Nissan Grand Livina.


Kapasitas Seat Banyak dan Fleksibel Sangat Cocok Digunakan Untuk Mobil Keluarga



“Fitur apa saja yang kita butuhkan?”



 Selanjutnya adalah fitur apa yang kita butuhkan. Fitur ini saya bagi 2, yaitu fitur yang sifatnya primer (re: wajib ada) dan yang sifatnya sekunder.



 Fitur yang wajib ada tentunya adalah fitur yang berkaitan dengan KEAMANAN mobil, seperti sabuk pengaman, air bag system, camera parking,dll. Pada dasarnya, semua mobil-mobil keluaran terbaru  seperti All Nisan Grand Livina sudah mempunyai keamanan yang sangat baik. Kemanan seluruh penumpang menjadi prioritas yang utama.
 

Fitur Keamanan Yang Diterapkan Grand Livina



Selain itu, mobil ini juga memiliki fitur yang lain seperti zone body concept, side impact beam, keyless entry with alarm, dan juga shock sensor.

Jika fitur utama telah terpenuhi, barulah kita melihat ke fitur yang sifatnya sekunder. Biasanya fitur ini berkaitan dengan fitur entertainment. Khusus untuk mobil keluarga, sebaiknya kita tidak perlu mencari atau memodifikasi mobil dengan entertainment terlalu mencolok. Seperti memasang sound berlebihan, memasang layar yang besar sehingga malah mengganggu penumpang. Untuk fitur entertainment cukuplah layar seperlunya, dan bisa untuk memutar film atau musik. 


Bagaimana kualitasnya?”

Pertanyaan selanjutnya adalah “Bagiamana kualitasnya?”.  Untuk kualitas, banyak sekali parameter untuk mengukurnya. Untuk saya pribadi, menilai kualitas suatu merk dan brand yang mujarab adalah dengan menilai layanan aftersales nya. Alasannya sederhana, perusahaan yang baik tidak akan hanya mengejar penjualan yang maksimal, mereka juga akan berpikir bagimana memberikan layanan purna jual yang maksimal untuk pelanggan. Satu hal layanan purna jual yang saya suka dari Nissan adalah layanan mobile services dimana pelanggan cukup telpon kemudian engineer akan datang dan mengatasi kerusakan mobil kita. Salah satu jenis mobil yang disupport oleh layanan ini adalah jenis mobil Grand Livina.


Bagaimana harganya?”

Inilah pertimbangan yang bisa membuat kita galau, dasar UUD (Ujung-Ujungnya Duit).Untuk masalah harga, ini merupakan  hak veto kita untuk membeli mobil sesuai dengan keadaan “dompet”. Kita tidak bisa berpatokan  dari nominalnya. Menurut saya, berpatokanlah dari kemampuan kita dan berpatokan dengan “harga ideal”.Harga ideal itu terjadi jika apa yang kita dapatkan dari produk setimpal dengan uang yang telah kita keluarkan.

 https://www.nissan.co.id/vehicles/new/grand-livina.html


Jika ditanya pendapat mengenai mobil pilihan dan recommended, pilihan saya jatuh pada Grand Livina. Tidak salah memang jika Nissan memberi tag line Nissan Grand Livina Mobil Pilihan Keluarga”.  Karena bila dilihat dari berbagai aspek di atas, memang mobil ini lebih dari cukup dan recommended untuk dijadikan mobil keluarga. 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

komentar
23 September 2018 at 09:39 delete

Selain fitur, pastinya harus masuk dalam harga mobil baru termurah di Indonesia sih, hehehe

Reply
avatar