Desain Pemodelan Grafik

Sekian lama tidak memposting tulisan di blog karena kesibukan kampus dan juga mengurus website akhirnya sekarang kembali bisa memposting tulisan. Pada tulisan saya kali ini, saya akan membahas mengenai salah satu mata kuliah saya di semester 5 yaitu “Desain Pemodelan Grafik”.

Sebelum mengartikan atau mendefinisikan semuanya, saya akan meengartikanntya secara kata per kata terlebih dahulu. Desain, menurut wikipedia, desain dapat diartikan sebagai suatu seni terapan, arsitektur, dan berbagai pencapaian kreatif lainnya. Dari pengertian tersebut dapat terlihat bahwa desain merupakan suatu gambaran atau pola dasar mengenai suatu objek. Sebagai contoh seorang penjahit sebelum benar-benar membuat pakaian, dia  akan membuat desainnya terlebih dahulu dengan tujuan agar hasilnya lebih maksimal.
Pemodelan atau model, model adalah sesuatu yang menjadi patokan atau arahan seseorang untuk membuat sesuatau agar apa yang ia buat sesuai dengan maksud dan tujuannya. Jadi, pemodelan adalah kegiatan dimana seseorang membuat “blue print” dari apa yang ia buat agar medapat hasil yang sesuai dengan tujuannya.

Grafik, grafik merupakan sesuatu yang identik dengan titik dan garis. Grafik merupakan cara-cara membentuk bentuk huruf, tanda serta gambar menggunakan proses pencetakan. Grafik juga di definisikan sebagai suatu pembuatan, penyimpanan serta manipulasi model dan citra.

Jadi, menurut definisi pribadi saya, desain pemodelan grafik merupakan suatu ilmu yang mempelajari bagaimana membuat sebuah objek dengan cara yang baik  dan benar dimana kegiatannya meliputi membuat desain atau gambarannya terlebih dahulu lalu tahap pemodelan dimana desain tersebut disesuaikan agar sesuai dengan tujuan lalu tahap grafik dimana mulai membuat, menyimpan atau memanipulasi objek tersebut.
Tujuan dari desain, pemodelan dan grafik itu sendiri adalah agar objek yang kita hasilkan sesuai dengan yang diharapkan dan hasilnya maksimal. Ketiganya merupakan suatu satu kesatuan, jika tanpa desain tentu kita kesulitan dalam objek karena harus merevisi ulang agar sesuai, jika tanpa pemodelan kita akan kesulitan dalam mebuat objek, jika tanpa grafik menjadi suatu yang mustahil karena grafik itu sendiri merupakan inti proses membuat objek.

Sekian tulisan saya kali ini, semoga bermanfaat dan sampai bertemu lagi pada postingan saya selanjutnya.

Referensi :


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »