Penderitaan dan siksaan (Manusia dan Penderitaan)

Pengertian penderitaan

Penderitaan berasal dari kata derita dan kata derita itu sendiri berasal dari  bahasa sansekerta Dhra yang artinya menahan atau menanggung. Derita artinya menanggung atau merasakan sesuatu yang tidak menyenangkan baik lahir maupun batin
.
Penderitaan itu sendiri dianggap sebagai sebuah resiko kehidupan karena Tuhan tidak selalu memberikan kesenangan saja tapi juga akan memberikan sebuah penderitaan atau cobaan untuk menguji imannya atau untuk sebagai peringatan agar dia bisa kembali ke jalan yang benar.

Pengertian Siksaan

Siksaan dapat diartikan sebagai siksaan yang menyangkut hal fisik atau jasmani dan dapat juga berupa psikis atau rohani. Perbedaan siksaan dan perbedaan adalah siksaan merupakan sebab dan penderitaan sebagai akibatnya.

Siksaan yang bersifat psikis :


-    Kebimbangan, adalah rasa yang dialami seseorang ketika ia dihadapkan kepada pilihan pilihan yang sulit.  Akibat dari kebimbangan seseorang akan ada dalam perasaan tidak menentu sehigga ia merasa tersiksa dalam hidupnya pada kondisi itu. Bagi orang yang kuat berpikirnya maka ia akan cepat mengambil keputusan dan sebaliknya.

-    Kesepian,  adalah suatu perasaan dimana seseorang merasakan rasa sepi dan rasa sendiri dalam menjalani hidup walaupun ada di lingkunga yang ramai. Kesepian ini juga merupakan salah satu wujud dari siksaan yang dapat dialami seseorang.

-    Ketakutan, merupakan bentuk lain yang dapat menyebabkan seseorang mengalami siksaan batin. Bila rasa takut itu dibesar-bisarkan yang tidak pada tempatnya, maka ketakutan itu akan berkembang menjadi sebuah phobia. Pada umumnya setiap orang memiliki satu atau beberapa phobia ringan seperti takut pada tikus,ular,serangga, dll. Tetapi pada sebagian orang ketakutan tersebut sangat besar dan sifatnya mengganggu.

Sebab sebab yang menjadikan seseorang merasa ketakutan antara lain :
a.    Claustrophobia dan Agoraphobia :  merupakan sebuah rasa takut akan terhadap ruang tertutup dan ruang terbuka.

b.    Gamang : merupakan ketakutan yang disebabkan oleh tempat yang tinggi.

c.     Kegelapan : merupakan suatu ketakutan seseorang bila ia berada di tempat yang gelap karena yang ada dalam pikirannya dalam kegelapan tersebut akan muncul hal hal yang ditakuti seperti pencuri ataupun hantu.

d.    Kesakitan : merupakan ketakutan yang disebabkan oleh rasa sakit yang akan dialaminya.

e.    Kegagalan : merupakan ketakutan dari seseorang yang disebabkan oleh karena merasa bahwa apa yang akan dijalankan mengalami kegagalan.

Materi referensi : E-book Ilmu Budaya Dasar Universitas Gunadarma

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »