Analisis dan Komparasi Website (Bag 2)



Pada tulisan saya kali ini, saya akan kembali melakukan komparasi website sebagai salah satu tugas mata kuliah “Pengantar Web Science”. Jika pada postingan saya sebelumnya, saya melakukan komparasi tentang dua buah sub domain milik kampus saya sendiri yaitu Universitas Gunadarma, namun pada komparasi kali ini saya akan mencoba melakukan komparasi terhadap dua buah website perguruan tinggi yang ada di Indonesia yaitu Universitas Negeri Riau dan Universitas Tarumanegara.

Pada komparasi kali ini, saya akan menggunakan parameter yang sama seperti sebelumnya yaitu “OutBound link”. Untuk sekedar mengingatkan, outbound link adalah nk yang diarahkan kepada suatu web/situs/blog orang lain sehingga apabila pengunjung website mengklik link tersebut maka pengunjung tersebut akan dibawa ke website yang lain atau subdomain yang lain dari web itu sendiri. Jadi jika kita mempunyai 1 web utama dan 4 sub web kita bisa saling bertukar link pada tiap website sehingga tentunya akan meningkatkan ranking web kita di mata searc engine.

Pada website yang pertama, saya mencoba mengecek jumlah outbound link yang terdapat pada domain tarumanegara.ac.id dengan bantuan sebuah website rapid search matrics dan hasinya adalah jumlah outbound linknya adalah kosong. Namun pada domain yang kedua yaitu unri.ac.id saya melakukan perlakuan yang sama dan hasilnya adalah jumlah outbound linknya adalah 70 buah. Jadi, jika dilihat dari segi parameter outbound link, website milik Universitas Negeri Riau lebih baik daripada Universitas Tarumanegara.

Pada postingan sebelumnya, saya menjelaskan sedikit manfaat dari outbound link yaitu semakin banyak kita member outbound link maka kita juga berkesempatan untuk mendapatkan inbound link yang banyak pula sehingga kedudukan website kita di dalam mesin pencari google lebih baik. Ini pun terbukti, jika saya search pada google tentang unri.ac.id dan tarumanegara.ac.id maka link yang berkaitan tentang unri.ac.id lebih banyak terindeks google daripada tarumanegara.ac.id.

Kesimpulannya adalah sekali lagi, bahwa outbound link yang terlihat sepele juga mempunyai dampak terhadap website kita. Jika kita menggunakannya dengan benar, maka kedudukan website kita di search engine akan semakin baik.

Sekian postingan saya kali ini, semoga bisa menjadi bahan untuk membuat website yang lebih baik ke depannya, sehingga web yang kita buat tidak hanya indah, tetapi juga mempunyai SEO yang baik.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »