Analisis dan Komparasi Website dengan Parameter Outbound Link

Pada postingan kali ini saya akan membahas, menganalisis dan melakukan komparasi bagaimana sebuah website dapat dikatakan baik dari segi parameter-parameter tertentu.
Sebuah website dapat dikatakan baik, jika dibahas satu persatu akan banyak sekali parameter-parameternya. Contohnya saja dari segi design dimana design itu sendiri akan terdiri dari banyak lagi parameter seperti layout website tersebut, font website tersebut, perpaduan warna yang baik,dsb. Itu hanya dari segi design, belum lagi dari segi content, dari segi page rank,dll.
Saya tidak akan membahas semuanya satu persatu, di sini saya akan membahas salah satu parameter website yang menjadi sebuah kriteria penilaian dalam google page rank yaitu “outbound link”. Apa itu outbound link? Outbound link adalah link yang diarahkan kepada suatu web/situs/blog orang lain sehingga apabila pengunjung website mengklik link tersebut maka pengunjung tersebut akan dibawa ke website yang lain. Lalu mungkin dari sebagian anda bertanya-tanya, “Loh, itu kan artinya menguntungkan website lain karena mendapat link dari kita.” Jika anda berpendapat seperti itu mungkin anda salah, coba bayangkan jika teknik ini diterapkan di sebuah website universitas yang tentunya memiliki sub domain yang sangat banyak sekali, dimana setiap domain tersebut saling memberi outbound link satu sama lain maka sudah jelas, website tersebut berpotensi mempunyai pagerank google teratas dan dengan itu pula website sebuah universitas mendapat tempat halaman pertama di search engine google.
Sebagai studi kasus untuk masalah outbound link ini, saya akan mengambil contoh dari sebuah sub website yang terdapat di kampus saya yaitu ps-reksis.gunadarma.ac.id dan ps-elektronika.gunadarma.ac.id.
ps-reksis dan ps-elektronika adalah sub website universtas gunadarma dimana website tersebut merupakan website yang menjadi "wadah" bagi para peneliti di universitas gunadarma untuk memberikan publikasi baik karya dan ciptaannya di bidang rekayasa sistem dan elektronika. Jika saya menganalisa kedua website tersebut dari segi outbound linknya, maka saya berpendapat bahwa website tersebut menurut saya kurang baik. Alasannya adalah, meskipun itu ps-reksis dan ps-elektronika merupakan sub domain universitas gunadarma tapi pada kedua website tersebut tidak ada satu pun outbound link yang menuju www.gunadarma.ac.id. Tentunya itu sangat disayangkan, karena website-website yang lain seperi baak,psma, web laboratorium,dll. semuanya memberikan outbound link menuju www.gunadarma.ac.id, padahal jika dimanfaatkan dan disetiap tulisannya memberikan outbound link menuju www.gunadarma.ac.id tentunya itu akan mendongkrak popularitas pagerank www.gunadarma.ac.id sehingga akan selalu muncul di halaman pertama google.
Kesimpulannya adalah pemberian outbound link memang terlihat sepele dan tidak penting, tetapi kenyataannya adalah jika kita bisa memanfaatkannya dengan baik maka dapat memberikan manfaat yang lumayan bagi website kita.
Referensi : danangmursita.blog.stisitelkom.ac.id

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »