Cloud Computing Software as a Service (SaaS)

Pada postingan saya kali ini saya akan membahas mengenai layanan cloud computing khususnya sebagai software as a service. Namun sebelum itu, kita haru mengenal dahulu apa itu cloud computing???


Secara harfiah, cloud computing itu artinya adalah “komputasi awan” loh apa itu maksudnya??? maksudnya adalah cloud computing merupakan sebuah layanan yang mempunyai prinsip “tidak harus punya untuk memakai”. Jika anda masih bingung dengan pejelasan saya barusan, saya akan menganalogikan cloud computing itu seperti layanan listrik. Semua pasti setuju jika listrik merupakan keubutuhan sehari-hari, lalu bagaimana kita mendapatkannya? Apakah kita harus memuat pembangkit litsrik sendiri? Apakah kita harus membuat panel surya? Tentunya tidak bukan? Kita cukup berlangganan listrik dengan PLN dan membayarnya setiap bulan sesuai dengan konsumsi listrik.Nah, PLN alias Perusahan Listrik Negara itulah yang kita analogikan sebagai layanan cloud computing.

Berdasarkan jenis layanan-nya, Cloud Computing dibagi menjadi berikut ini:
1.    Software as a Service (SaaS)
2.    Platform as a Service (PaaS)
3.    Infrastructure as a Service (IaaS)

Kali ini, saya akan membahas nomor 1 yaitu Software as a service (SaaS). Software as a Service (SaaS) adalah layanan dari Cloud Computing dimana kita tinggal memakai software (perangkat lunak) yang telah disediakan. Kita cukup tahu bahwa perangkat lunak bisa berjalan dan bisa digunakan dengan baik. Contoh: layanan email publik (Gmail, YahooMail, Hotmail, dsb), social network (Facebook, Twitter, dsb) instant messaging (YahooMessenger, Skype, GTalk, dsb) dan masih banyak lagi yang lain.  Dalam perkembangan-nya, banyak perangkat lunak yang dulu hanya kita bisa nikmati dengan menginstall aplikasi tersebut di komputer kita (on-premise) mulai bisa kita nikmati lewat Cloud Computing. Keuntungan-nya, kita tidak perlu membeli lisensi dan tinggal terkoneksi ke internet untuk memakai-nya. Contoh: Microsoft Office yang sekarang kita bisa nikmati lewat Office 365, Adobe Suite yang bisa kita nikmati lewat Adobe Creative Cloud, dsb.





Selain layanan-layanan diatas, saya akan mencoba memberi informasi bahwa di Indonesia telah mempuyai layanan cloud computing berbasis Software as a Service untuk yang pertama kalinya. Nama layanannya adalah jasfilin. Menurut website jasfilin.com, jasfilin adalah sebuah layanan cloud computing yang berbasis akuntansi yang dikeluarkan oleh PT Prosperita System Indonesia dimana client dapat menggunakan software akuntansi dimana saja dan kapan saja tanpa harus terbebani dengan menginstall software tersebut.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »