Manusia dan cinta kasih menurut agama

Dalam postingan saya kali ini yang merupakan bagian dari tugas mata kuliah ilmu budaya dasar di Universitas  gunadarma, saya akan membahas tentang manusia dengan cinta kasih.

Mungkin hampir setiap orang telah mengerti apa itu yang dinamakan cinta, bahkan anak kecil pun telah mengetahui apa itu cinta karena efek dari pergeseran dan perubahan zaman. Ini terlihat jelas ketika lagu-lagu anak anak telah menghilang dan penyanyi anak-anak mulai menyanyikan lagu lagu orang dewasa dalam hal ini berkaitan dengan cinta.

Cinta itu sendiri menurut saya pribadi adalah rasa kasih sayang yang merupakan anugerah dari Allah SWT yang diberikan kepada sesuatu yang kita sendiri pun tidak tahu kapan cinta itu tiba, dimana cinta itu tiba dan kepada siapa cinta itu akan ditujukan yang kita sendiri pun tidak mampu untuk mengelakkannya.

Mungkin banyak orang berpikir bahwa cinta hanyalah mengenai lawan jenis saja, namun pada hakekatnya cinta itu luas dan tak terbatas kepada lawan jenis saja. Cinta itu juga sebenarnya telah diatur batasan-batasannya dan telah di klasifikasikan menurut agama. 

Cinta kepada Allah SWT

Cinta yang tingkatannya paling tinggi dan yang paling harus kita utamakan adalah cinta kepada Allah SWT sebagai wujud rasa syukur karena telah menciptakan dan telah memberikan semuanya kepada kita dan oleh karena itulah kita mendahulukan cinta kepada Allah diatas cinta yang laiinya agar kita terus berada dalam keridhoanNya.

Cinta kepada rasul Allah

Cinta yang berada pada urutan kedua adalah cinta kepada rasul allah karena rasul merupakan wakil Allah di dunia dan  telah menyampaikan wahyu untuk kita semua agar keluar dari zaman jahiliyah ke jalan yang benar dan sudah sepantasnyalah kita cinta terhadap rasul kita agar kita mendapatkan syafaat dan pengakuan sebagai pengikutnya di hari akhir nanti.

Cinta terhadap Makhluk Allah yang lainnya
Cinta terhadap makhluk Allah yang lainnya itu sendiri terbagi menjadi 3 prioritas lagi. Prioritas yang pertama adalah cinta terhadap orangtua, mungkin sudah tidak perlu saya jelaskan lagi mengapa orangtua mendapatkan prioritas utama dalam hal cinta,ya tentu saja karena mereka lah kita hidup dan karena merekalah kita ada sampai detik ini di dunia. Prioritas yang kedua adalah cinta terhadap lawan jenis, cinta ini lah yang pada zaman ini sangat digandrungi para orang dewasa, remaja, bahkan anak kecil. Dan cinta pada prioritas yang terakhir adalah cinta terhadap hewan, tumbuhan dan lingkungan sebagai wujud saling mengasihi antar sesama makhluk ciptaan Tuhan.

Sekian artikel singkat yang dapat saya posting kali ini berkaitan tentang manusia dan cinta kasih khususnya dalam pandangan agama. Oleh karena itu, sebagai makhluk yang beragama, marilah kita memperbaiki kualitas dan prioritas cinta kita agar tidak salah kaprah dalam menjalani hidup, prioritaskan lah Tuhanmu, Nabimu, Orangtuamu barulah prioritaskan pasanganmu.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »