Pengalaman Pertama Kali Mengenal Internet

Pada tulisan saya kali ini, saya akan berbagi pengalaman saya tentang pengalaman pertama kali saya mengenal internet.


Pertama kali saya mengenal internet adalah pada saat ada di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP). Ya, dulu ketika saya masih berseragam SMP saya masih ingat betul pertama kali merasakan internet namun saya tidak menyadari bahwa yang saya lakukan adalah mengakses internet.

Pada saat itu, sekolah saya (SMPN 6 Kota Bogor) baru saja selesai mengadakan Ujian Akhir Sekolah. Seperti ritual tiap tahun, biasanya pada saat itu sudah tidak ada proses belajar mengajar, setiap murid datang ke sekolah hanya sekedar untuk bertanya nilai dan melakukan remidial mata pelajaran yang nilainya jelek. Selain itu, para siswa juga datang ke sekolah untuk melakukan perlombaan antar kelas (re: class meeting) atau hanya sekedar menonton dan mendukung tim kelas kita sendiri. Karena saya “kebetulan” tidak mendapatkan remidial, maka saya dan teman saya mencoba untuk datang ke lab.komputer di sekolah saya dan dari sanalah saya “mengunjungi dunia”.

Saat pertama kali mencoba internet, jujur saya bingung harus berbuat apa karena yang saya tahu adalah komputer hanya bisa digunakan untuk mengetik lalu mencetaknya. Namun untungnya teman saya rela mengajari saya dan situs yang pertama kali saya buka tentunya adalah si Mbah Google yang satu itu dan saya saat itu mengetikkan keyword “Mobil Ferrari” dan kemudian si komputer memunculkan ratusan gambar mobil impian semua orang itu. Dan setelah saat itu, saya mulai ketagihan dengan apa yang namanya “internet”, setiap hari mengunjungi lab.komputer untuk mengakses internet.

Setelah hampir seminggu akhirnya saya merasa jenuh juga, setiap hari cuma buka gambar di google karena dulu saya berpikir bahwa internet ya google, google ya internet, jadi setiap browsing internet saya berpikir bahw saya hanya buka google saja.  Namun seiring berjalannya waktu, apalagi saya saat ini sudah duduk di bangku kuliah dan menjadi mahasiswa Universitas Gunadarma yang terkenal karena berbasis teknologi jika pemahaman saya masih seperti itu mungkin saya akan ditertawakan orang dimana-mana. Setelah kuliah saya sadar, sebenarnya google itu website namun bukan sembarang website. Ya, google merupakan website yang menyediakan layanan search engine dimana dengan logaritma-logaritma tertentu kita cukup mengetikkan keyword saja maka google akan menampilkan semua hal yang erkaitan dengan keyword. Jadi sebenarnya ketika dulu melihat dan membuka gambar sebenarnya bukanlah google yang mempunyai gambar itu melainkan google hanya mencari dan menampung gambar yang berkaitan dengan keyword user yang berasal dari berbagai macam website.

Selain itu, pada zaman saat ini internet pun bukan hanya sekedar mencari informasi saja. Bisa dibilang setiap seluk-beluk kehidupan sudah “dirasuki” oleh internet. Mulai dari tempat seperti rumah sakit, sekolah, pemerintahan, lembaga hukum, lembaga pendidikan, perusahan, dll. Mulai dari anak kecil, remaja, dewasa bahkan lansia pun sekarang telah merasakan internet. Bahkan, google yang dahulu saya kenal internet dan internet adalah google, sekarang bukan hanya berperan sebagai search engine saja melainkan google sangat berkembang contohnya adalah memberi layanan email (Gmail), layanan CMS (blogspot), layanan mobile (Android) dan yang terbaru layanan cloud (Google Docs dan Google Drive).

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »