Ilmu Budaya Dasar Sebagai Mata Kuliah Dasar Utama

Pada semester 2  di Universitas Gunadarma, kali ini saya mendapatkan mata kuliah Ilmu Budaya Dasar sebagai mata kuliah softskill. Pada artikel sebelumnya saya telah memuat artikel tentang mata kuliah softskill yang lainnya, bagi anda yang berminat membacanya kembali silahkan klik disini.

Dalam postingan saya kali ini, saya akan membahas tentang Ilmu Budaya Dasar sebagai salah satu mata kuliah dasar utama di sebuah perguruan tinggi.

Sebenarnya apakah Ilmu Budaya Dasar itu???

Ilmu Budaya Dasar adalah ilmu yang mempelajari tentang dasar-dasar kebudayaan. Secara umum pengertian kebudayaan adalah merupakan jalan atau arah didalam bertindak dan berfikir untuk memenuhi kebutuhan hidup baik jasmani maupun rohani dengan tujuan dapat membantu menyelesaikan masalah-masalah manusia dan kebudayaan sehari-hari. 

Tujuan dari mata kuliah Ilmu Budaya Dasar ini diantaranya:

-       Memberikan pengetahuan dan pemahaman pada mahasiswa dalam hal dasar dasar kebudayaan bangsa, apalagi di negara kita Indonesia yang mempunyai kebudayaan yang sangat beraneka ragam.

-       Membentuk karakter mahasiswa yang tidak melenceng dan tidak terpengaruh terhadap kebudayaan – kebudayaan yang sifatnya negatif.

-       Menciptakan calon – calon pemimpin yang berkarakter bangsa.

-       Menumbuhkan sikap kepekaan mahasiswa terhadap lingkungan dan budayanya sendiri.

-       Ikut serta dalam menjaga kebudayaan agar tidak hilang dimakan zaman.


Menurut saya pribadi, salah satu alasan mengapa Ilmu Budaya Dasar ditetapkan sebagai salah satu Mata Kuliah Dasar Utama  adalah karena  mata kuliah ini bisa dibilang cukup penting. Cukup penting karena Ilmu Budaya Dasar ini bertujuan untuk menciptakan karakter pemuda-pemudi bangsa yang sesuai dengan budaya leluhur bangsa agar tidak pudar dari masa ke masa. Selain itu, dengan kita mempelajari budaya dasar, kita juga bisa memperkenalkan kebudayaan kita kepada orang lain agar kita bisa saling mengenal budaya satu sama lain, apalagi bisa membawa kebudayaan kita ke dunia internasional, tentunya ini akan menigkatkan martabat kita pada khususnya dan bangsa pada umumnya.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »