Kecemburuan sosial

Dalam postingan saya kali ini masih berkaitan dengan mata kuliah ilmu sosial dasar di tempat saya berkuliah di Universitas Gunadarma. Dalam artikel yang saya buat ini akan membahas tentang  kecemburuan sosial yang semakin menjadi di negara kita.

Sebelum membahasnya lebih jauh, mari kita ketahui dulu apa itu sebenarnya kecemburuan sosial???

Kecemburuan sosial adalah suatu kondisi dimana munculnya kelas kelas sosial karena adanya perbedaan perbedaan dalam kehidupan bermasyarakat seperti dari segi hukum, ideologi, politik, ekonomi, sosial,dsb yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.

Contoh kecil sebuah kecemburuan sosial :

-          Ketika seseorang yang kurang mampu dari segi ekonomi hidup berinteraksi dengan lingkungan yang mayoritas adalah golongan kaum yang berada. Mereka bergaul dengan memilih memilih teman yang sederajat dan mengucilkan yang menurut mereka tidak sekelas dengan mereka. Hal ini tentunya akan menciptakan kecemburuan sosial di lingkungan tersebut.


-          Contoh diatas merupakan contoh bentuk kecemburuan sosial dalam segi ekonominya, kali ini adalah contoh kecemburuan dari segi aspek sosial. Misalya adalah ketika seseorang masih ada dalam jenjang pendidikan baik itu sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas ataupun bangku perkuliahan, pergaulan dalam lingkungan tersebut hanya berdasarkan dari kemampuan pendidikannya, si golongan pintar hanya bergaul dan saling membantu dengan yang pintar pula, sedangkan yang bodoh tidak dibantu oleh si pintar dalam proses belajar mengajar. Tentunya akan terjadi kecemburuan sosial didalamnya.

Sebenarnya  contoh diatas hanya sebagian kecil dari bentuk bentuk kecemburuan sosial yang ada di tengah tengah masyarakat indonesia. Kecemburuan sosial merupakan suatu masalah yang serius dan mesti mendapatkan perhatian khusus dari kita semua, karena dengan masih banyaknya kasus kasus kecemburuan sosial di indonesia maka indonesia masih akan terus terbayangi dengan kerusuhan dimana mana, perang antar warga negara indonesia, keributan, kekacauan,dsb. Dalam proses pembangunan yang masih sedang berlangsung di negara kita, sebaiknya pemerintah mulai memperhatikan masalah sosial yang satu ini, karena untuk menjadi bangsa yang besar dan maju kita harus mempererat persatuan dan kesatuan bangsa agar bisa menghadapi persaingan global.
 
Sekian artikel singkat saya semoga dapat menyadarkan kita semua agar untuk tidak terpecah belah dengan kecemburuan sosial yang ada, namun justru menjadikannya sebagai anugerah yang dapat kita manfaatkan untuk saling tolong menolong dan bahu membahu terutama dalam proses menjadikan indonesia menjadi negara yang lebih maju dan besar.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »