Seberapa pentingkah ilmu sosial di kehidupan kita?

Kali ini saya akan meberikan pandangan pribadi saya tentang seberapa pentingkah ilmu sosial di segala aspek kehidupan kita. Dan postingan saya kali ini juga masih menyangkut tentang tugas mata kuliah ilmusosial dasar di Universitas Gunadarma.

Jika kita bertanya pada orang lain tentang seberapa pentingnya kita belajar ilmu sosial sejak kita sekolah dasar sampai di bangku kuliah maka kita akan menemukan jawaban yang sangat bervariasi. Mungkin ada yang berpendapat itu penting, mungkin ada juga yang berpendapat itu tidak penting dan mungkin ada juga yang abstain (re: golput) dan lebih memilih cuek dengan ilmu sosial itu sendiri.

Menurut saya pribadi, ilmu sosial adalah sesuatu hal yang penting karena merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan seperti halnya dengan ilmu ilmu pengetahuan yang lainnya. Selain itu  tentu kita telah menegtahui bukan bahwa manusia adalah makhluk sosial yang mustahil untuk hidup sendiri oleh karena itu lah kita mempelajari ilmu yang bernama ilmu sosial yang bertujuan untuk memberikan kita pengetahuan dan bekal dalam menghadapi lingkungan sosial di sekitar kita.

Kebanyakan dari kita juga ada yang terkesan meremehkan atau menggampangkan salah satu cabang ilmu pengetahuan yang satu ini dengan alasan ini tidak ada rumus, ini tidak ada hafalan berarti, ini tidak ada hitung hitungan, ini tidak perlu menggunakan kamus dalam memepelajarinya, dan masih banyak anggapan anggapan yang lainnya. Memang setiap orang bebas untuk mengemukakan  pendapatnya, apalagi kalo memang ia benar benar menguasai ilmu sosial sehingga pantas saja berbicara seperti itu. Namun bagi yang merasa tidak menguasai ilmu sosial ada baiknya tidak berbicara seperti diatas karena selain dapat menyinggung orang lain, jika kita terlalu meremehkan sesuatu maka bisa saja kita mengalami kegagalan karena telah meremehkan sesuatu dalam hal ini adalah ilmu sosial. Karena, sepandai apapun kita, sehebat  apapun kita, namun kita tidak bisa menjalin sebuah hubungan sosial yang baik ( salah satu bagia dari ilmu sosial ) apalagi terlalu mementingkan sebuah individualisme maka kita mungkin tidak akan pernah bertemu dengan kesuksesan. Karena pada hakekatnya kesuskesan itu datang bukan hanya ditentukan oleh kita saja, tapi ditentukan juga oleh orang lain baik itu keluarga,teman, sahabat, ataupun yang lainnya.

Oleh karena itu, saya berpendapat bahwa ilmu sosial itu memang penting agar kita bisa menjalin sesuatu hubungan  sosial  yang baik dan benar dengan orang lain dalam meraih cita-cita dan tujuan hidup yang ingin kita capai. Selain itu, dalam menuntut ilmu sebaiknya kita tidak memilih-milihnya karena yang namanya ilmu itu  walapu sedikit pasti berguna bagi kehidupan kita. Sekian postingan saya kali ini semoga kembali membuka pandangan kita semua agar menjadi manusia yang lebih baik.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »