Kaitan softskill dengan kehidupan sehari hari



Pada waktu yang lalu saya telah memposting artikel yange berisikan tentang pengertian dan maksud dari softskills. Namun kali ini saya akan memposting tentang  “ kaitan softskill dalam kehidupan sehari hari” sekaligus tugas yang saya dapat dari mata kuliah ilmu sosial dasar di Universitas Gunadrama .
Kaitan mata kuliah softskills dalam kehidupan sehari hari sangat banyak contohnya,  namun karena saya berprofesi sebagai mahasiswa, maka saya akan memberi  contoh kaitan softskills dalam kehidupan mahasiswa  secara umumnya dan sebagai mahasiswa jurusan teknik informatika sebagai khususnya.
Jika saya ambil secara umum, yaitu sebagai mahsiswa biasa, menurut saya sangat banyak kaitannya dengan softskills itu sendiri. Kaitannya  dengan saya sebagai mahasiswa adalah, kita sebagai mahasiswa tidak hanya menggantungkan semua ilmu yang kita dapat kepada dosen, karena dosen hanya memberi sebagian dan hanya sebagai fasilitator untuk kita menuntut ilmu. Lalu cara mencari ilmu sisanya bagaimana? Sisanya bisa juga kita peroleh dari teman dengan cara belajar kelompok, bertanya kepada teman, saling bertukar pikiran, saling berbagi ilmu ataupun berbagi pengalaman. Inilah kaitannya softskill dengan kehidupan mahasiswa dimana kita tidak bisa egois atau bekerja sendiri sendiri untuk bisa mencapai sesuatu, kita juga butuh bersosialisasi untuk mendapatkan apa yang kita inginkan karena pada hakikatnya manusia adalah makhluk sosial.

Lalu jika saya berpikir kaitannya softskills dengan jurusan saya sebagai mahasiswa teknik informatika, saya bisa bilang materi softskills ini cukup penting. Mengapa??? Karena, bidang pekerjaan dari jurusan teknik informatika cukup sering menuntut pekerjanya bekerja sebagai tim atau kelompok. Kita ambil sebuah studi kasus yang sangat simpel saja, suatu hari saya mendapat proyek untuk mendesign sebuah website untuk sebuah perusahaan. Namun, tiba tiba saya diperkenalkan oleh beberapa orang lainnya untuk membuat dan mengelola proyek ini dengan tujuan agar meringankan pekerjaan saya dan agar mendapatkan hasil yang lebih baik. Dengan kondisi seperti itu, tentunya saya mesti dituntut untuk mampu bersosialisasi dan bekerja sama bukan ?? lalu apa jadinya apabila saya tidak bisa bekerja sebagai tim ?? tentunya proyek yang saya hasilkan akan tidak maksimal dan tidak sesuai harapan. Lalu bagaimana apabila saya berhasil kompak dan mampu bekerja secara tim?? Tentu hasilnya akan berbedan dan akan jauh lebih maksimal bukan? Dan bukan tidak mungkin saya akan mendapat proyek proyek tambahan yang lainnya karean saya dinilai telah berhasil dalam mengelola proyek secara tim. Itulah kaitan dan manfaat materi softskills bila dilihat dari jurusan saya yaitu teknik informatika.
Itulah kaitannya mata kuliah softskill jika diihat dari profesi saya sebagai mahasiswa. Tentunya banyak sekali selain gambaran gambaran diatas tentang kaitan softskill  dalam kehidupan kita masing masing selain dari contoh contoh yang saya sebutkan seperti diatas.


ket :  gambar dalam postingan ini diambil dari http://ahmadfaissal.ngeblogs.com/category/gundar/

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »