Interaksi sosial


Pada pertemuan minggu ke-3 mata kuliah softskills di Universitas Gunadarma kali ini saya akan membahasa mengenai interaksi sosial.

Apa itu interaksi sosial ?
Interaksi sosial adalah hubungan timbal balik (komunikasi) antara satu orang dengan orang yang lain.
Jenis jenis interaksi sosial?
Menurut sepengetahuan saya, jenis dari interaksi sosial ada 3 macam yaitu : interaksi antara individu yang satu dan individu yang lain, interaksi antara individu dengan suatu kelompok dan yang terakhir adalah interaksi kelompok dengan kelompok.
Syarat syarat terjadinya interaksi?
Syarat terjadinya interaksi adalah yang pasti kita tidak sendiri alias ada orang lain, karena tidak mungkin kita berinteraksi dengan diri sendiri. Selain terdiri lebih dari satu orang, syarat terjadinya interaksi yang lain adalah adanya timbal balik, maksudnya adalah kita saling berinteraksi atau bertimbal balik dengan orang lain. Sebagai contoh adalah apabila kita berada di suatu tempat yang ramai namun kita tidak berkomunikasi dengan orang lain, maka itu tidak bisa disebut interaksi sosial, namun sebalikya, bila kita hanya ada brdua dalam suatu tempat sekalipun, apabila kita saling berbicara dan berkomunikasi, maka itulah yang disebut interaksi sosial (individu-individu)

Lalu apa contoh contoh interaksi sosial?
Contoh interaksi sosial individu-individu :
Kita mengobrol atau berbicara dengan kekasih kita sendiri, itu merupakan interaksi sosial antara  individu-individu karena dalam interaksi tersebut hanya ada kita dan kekasih kita saja.

Contoh interaksi sosial antara individu dan kelompok :
Dalam sebuah forum, ketika kita mengemukakan pendapat dan tanya jawab dengan anggota forum yang lainnya, itu merupakan contoh dari interaksi antara individu-kelompok, dimana kita sebagai individunya dan anggota forum yang lain bertindak sebagai kelompok.

Contoh interaksi sosial antara kelompok dan kelompok :
Contoh dari interaksi sosial antara kelompok dan kelompok adalah ketika kita ada kelompok A melakukan komunikasi dengan kelompok B, maka itu bisa disebtu interaksi kelompok dengan kelompok.

Sekian postingan tentang interaksi sosial kali ini, semuga membantu para pembaca.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »