apa itu softskills ???


Pada awalnya saya tidak mengetahui apa itu softskils, maklum saya pada saat itu sangat buta akan kehidupan kehidupan di kampus. Namun setelah saya masuk berkuliah di Universitas Gunadarma, akhirnya saya pun sedikit demi sedikit mengetahui dan memahami apa itu softskills.
Pengetahuan tersebut saya dapat dari program pengenalan kampus yang disebut Pengenalan Program Studi dan Program Pendidikan Tinggi (PPSPPT) yang kemudian kembali diperjelas oleh dosen mata kuliah ilmu sosial dasar tentang softskills ini.
Secara  bahasa, soft itu berarti lembut dan skill berarti kemampuan. Namun kita jangan sampai salah mengartikan dan memahami arti softskills tersebut karena bukan berarti softskils itu berarti “kemampuan yang lembut”. Namun, softskils disini adalah artinya kemampuan yg “tak terlihat” yaitu kemampuan seseorang untuk bersosialisasi dan bekerja sama terhadap orang lain sehingga mendapatkan hasil yang lebih maksimal ketimbang kita hanya mengandalkan kemampuan skill pribadi kita sendiri.
Apakah anda sudah memulai gambaran tentang softskills ini????????????? Jika anda masih merasa bingung saya akan menganalogikan softskills ke dalam bentuk yang lebih mudah anda pahami. Anda tentu mengenal sepak bola bukan? Olahraga yang paling populer sejagat raya. Jika anda tahu sepakbola tentulah anda mempunyai pemain sepakbola idola anda? Apakah wayne rooney? Apakah david beckham? Apakah lionel messi? Ataui yg lainnya??? Pernahkah anda berpikir  untuk menjadi seperti mereka? Menjadi seorang pesepakbola yang handal dan membayangkan jika anda mempunyai skill  pribadi yang mumpuni untuk level dunia. Jika anda berpikir bahwa hanya bermodalkan skill pribadi anda baik dribling, shooting, controling, ataupun yg lainnya anda akan menjadi pesepakbola yang sukses seperti mereka, saya bisa bilang bahwa anggapa anda tersebut KURANG TEPAT. Loh mengapa??? Jawabannnya adalah selain kita harus mempunyai skill yang bagus, kita juga harus  mempunyai kemampuan untuk  bekerja sama dalam tim untuk mencapai sebuah kemenangan. Begitu pula dengan kehidupan kita sehari hari, jika kita ingin menjadi seseorang yang berhasil kita juga harus mempuanyai kemampuan untuk bersosialisasi atau pun bekerja secara kelompok, karena dalam di dunia pekerjaan, tidak selamanya kita bekerja secara individual, pasti ada kala nya kita dituntut untuk bekerja sama menyelesaikan suatu proyek dengan tujuan mendapatkan hasil yang lebih baik.
sudahkah anda lebih mengerti tentang softskills? Jika anda sudah lebih paham, tentunya anda mulai mengerti maksud dan tujuan mata kuliah softkill kita pelajari, yaitu adalah untuk membekali mahasiswa tentang pengetahuan cara bekerja sama, cara bersosialisasi, ataupun yang lainnya agar kelak kita siap untuk dipekerjakan sebagai tenaga individual atapun bekerja secara tim.

ket : gambar diambil dari herdica.wordpress.com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »