Google Cardboard Review

Pada postingan mata kuliah Pengantar Komputasi Modern di Universitas Gunadarma, kali ini saya akan membahas mengenai google cardboard, dari mulai pengertian, fungsi, komponen, cara merakit dan spesifikasi yang diperlukan.

Cardboard review | screenshot 1Cardboard review | photo 3
Apa itu google cardboard???
Google cardboard adalah sejenis kacamata 3D dengan berbahan kardus yang digunakan untuk menampilkan teknologi Virtual reality.

lalu, apa itu Virtual Reality???
Virtual Reaity (VR) adalah  teknologi yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer (computer-simulated environment), suatu lingkungan sebenarnya yang ditiru atau benar-benar suatu lingkungan yang hanya ada dalam imaginasi. Lingkungan realitas maya terkini umumnya menyajikan pengalaman visual, yang ditampilkan pada sebuah layar komputer atau melalui sebuah penampil stereokopik, tapi beberapa simulasi mengikutsertakan tambahan informasi hasil pengindraan, seperti suara melalui speaker atau headphone.

Demo Google Cardboard :



setelah kita mengenal apa itu google cardboard dan apa fungsinya, selanjutnya kita akan membahas mengenai komponen komponen apa saja yang terdapat pada google cardboard.

Komponen google cardboard:

Courtesy of developers.google.com

  • Kardus (baiknya yang sedikit tebal, guna menahan beban ponsel)
  • Lensa
  • Magnet
  • Perekat kain Velcro
  • Karet Gelang
  • NFC tag 
untuk membuat google cardboard, pertama-tama kita bisa membeli google cardboard terlebih dahulu kemudian mengikuti cara merakitnya yang tersedia pada website developers.google.com. atau juga anda bisa menyaksikan cara atau tutorial membuat google cardboard pada video di bawah ini :


setelah berhasil merakit google cardboard, langkah selanjutnya adalah mendownload aplikasi "cardboard"
yang ada ada google play store dan anda pun kini bisa menggunakan atau mencicipi teknologi virtual reality yang dipersembahkan oleh Google.

namun, di balik semua kencanggihan yang ada, tetap saja ada kekurangan dari google cardboard ini yaitu tidak semua device atau smartphone anda bisa untuk digunakan atau support teknologi virtual reality. Namun pada dasarnya, rata-rata semua smartphone Android bisa, asal versi Android 4.1 keatas. Lebih bagus lagi kalo ada sensor gyroscope, NFC, dan sensor magnet (compass).
seperti pada device di bawah ini :

Full compatible: Nexus 4, Nexus 5, Samsung Galaxy S4, Samsung Galaxy S5, Samsung Galaxy Nexus
Partially compatible:
No magnetometer: HTC One & Motorola Moto G
No magnetometer & Headtracking issues: Samsung Galaxy S3

sekian postingan saya kali ini dan semoga dapat berguna.

referensi :
http://www.vrindo.com/
http://id.gamesinasia.com/review-google-cardboard/
http://www.spesialtips.com/2014/07/tips-membuat-google-cardboard-vr-headset.html
http://www.youtube.com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »