Individu keluarga dan masyarakat



Kita sebagai manusia hidup di 3 peranan, yaitu sebagai individu (diri kita sendiri ), sebagai anggota keluarga dan sebagai bagian dari masyarakat.
Individu adalah istilah atau ungkapan yang dimaksudkan kepada manusia yang berdiri sendiri, namun  pada dasarnya sekuat apapun manusia berusaha untuk berdiri sendiri atau secara individu tetap manusia itu tak akan sanggup karena manusia adalah makhluk sosial yang pasti berinteraksi dan memerlukan bantuan orang lain.
Tingkatan yang cakupannya lebih luas adalah keluarga. Keluarga sendiri terbagi menjadi dua yaitu keluarga kecil yang terdiri dari ayah,ibu dan anak dalam satu rumah dan keluarga besar yang terdiri dari ayah,ibu,anak, dan anggota keluarga lainnya dalam satu rumah.  Fungsi keluarga itu sendiri adalah sebagai tempat pembelajaran yaitu dimana kita dididik untuk melakukan yang baik oleh orang tua kita, keluarga juga berfungsi sebagai tempat untuk bercerita dan menyelesaikan masalah, dan fungsi keluarga yang paling penting menurut saya pribadi adalah sebagai motivasi untuk melecut semangat untuk mencapai sebuah kesuksesan dan keberhasilan.
 gambar diperoleh dari : klik disini
Tingkatan yang cakupan wilayahnya lebih luas dari keluarga adalah masyarakat, kita selain berperan sebagai individu dan hidup di sebuah keluarga, kita juga hidup sebagai anggota atau bagian dari masyarakat, yaitu masyarakat Indonesia.
Fungsi dari masyarakat itu sendiri adaah tempat kita berinteraksi dengan orang-orang yang lebih banyak dengan berbagai  karakternya, selain itu masyarakat juga tempat untuk kita belajar tentang kebudayaan setempat atau kebudayaan bangsa Indonesia itu sendiri. Masyarakat juga tempat kita untuk belajar, tempat untuk mencari pengalaman hidup dan juga tempat untuk mengabdikan ilmu yang telah kita dapatkan semasa pendidikan baik dari sekolah dasar sampai dengan bangku kuliah.

Itulah artikel singkat saya tentang apa itu individu,keluarga, masyrakat dan fungsi – fungsinya yang merupakan bagian tugas ilmu sosial dasar di Universitas Gunadarma

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »