Pemuda dan sosialisasi


apa itu pemuda???
Pemuda adalah tingkatan manusia yang dalam hidupnya masih mencari jati diri seperti apa tujuan hidupnya,untuk apa, bagimana dan untuk siapa. Mungkin bila dikisarkan umurnya adalah antara 17 sampai dengan 30 tahun.
 apa itu sosialisas???
Sosialisasi adalah suatu proses mempelajari hidup dan proses menyesuaikan diri tentang kebiasaan, norma norma dan adat istiadat yang menjadikan dirinya dari yang tidak tahu menjadi tahu.
Saya disini akan mengambil contoh mahasiswa dan hubungannya dengan sosialisasi.
Sebagai mahasiswa dan juga sekaligus sebagai pemuda, saya sendiri masih dalam proses sosialisasi, yaitu dalam proses pembelajaran untuk mencetak saya sebagai manusia yang dari tidak tahu menjadi tahu, dari yang bodoh menjadi pintar dengan tujuan agar berguna di masyrakat suatu saat nanti.
Sosialisasi di mahasiswa itu sendiri membuat kita tahu dan mengerti kemana tujuan hidup kita sebenarnya, mau jadi apa kita nanti, dan untuk apa ilmu yang kita pelajari di masa perkuliahan ini. Proses sosialisasi itu sendiri tidak hanya dipengaruhi oleh proses pembelajaran, tapi lingkungan juga ikut berpengaruh. Sebagai contoh jika kita salah dalam bergaul, bergaul dengan orang yang salah, kita pun nantinya  akan menjadi orang yang salah. Masalah seperti itulah yang sering terjadi di masyarakat,  pada dasarnya semua manusi dilahirkan dalam keadaan baik namun karena lingkungan mereka menjadi seseorang yang  salah.

Peranan mahasiswa di masyarakat :

Sebagai mahasiswa di Universitas Gunadarma (UG) ,selain beperan sebagai mahasiswa di kampus, kita juga sekaligus berperan sebagai pemuda di masyarakat. Tugas kita adaah menjadi pemuda yang aktif di masyarakat, membagikan ilmu ilmu yang kita dapat di perkuliahan kepada orang lain yang belum tahu agar masyarakat kita lebih berkembang, lebih berkualitas dan tidak kalah  kualitas dengan negara lain. Mungkin sebagai mahasiswa sekaligus sebagai pemuda hanya itu yang bisa kita lakukan, namun setelah lulus dan menjadi sarjana nanti, kita diharapkan tidak berperan hanya di masyrakat sekitar saja, namun berperan di ruang lingkup yang lebih besar yaitu di masyarakat Indonesia.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »