Manusia dan Harapan

A.    Pengertian
Setiap manusia tentunya mempunyai harapan. Jika manusia tidak mempunyai harapan maka itu artinya manusia itu mati dalam hidup. Bahkan orang yang akan meninggal sekalipun mempunyai harapan karena biasanya orang yang akan meninggal akan meninggalkan pesan atau wasiat kepada sanak keluarganya.

Harapan itu sendiri tergantung pada pengalaman, pengetahuan, lingkungan hidup dan kemampuannya masing masing. Misalnya adalah seseorang yang hanya pemulung tentu tidak mempunyai harapan untuk menjadi seorang artis karena itu merupakan sesuatu harapan yang berlebihan.

Berhasil atau tidaknya sebuah harapan tergantung dari usahanya sendiri misalnya seseorang yang ingin mempunyai pekerjaan yang mapan tentunya harus terus berusaha dan rajin untuk meraih pekerjaannya tersebut. Selain itu, harapan juga harus berdasarkan kepercayaan baik kepercayaan terhadap diri sendiri ataupun kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, karena tanpa keduanya niscaya kita tidak akan mencapai harapan yang kita inginkan.

B.    Sebab manusia mempunyai harapan
Menurut kodratnya manusia adalah makhluk sosial. Bahkan ketika baru lahir sudah disambut di tengah-tengah suatu pergaulan hidup, yakni di tengah keluarganya sendiri dan di tengah masyarakat. Berikut ini adalah hal-hal yang menyebabkan manusia mempunyai sebuah harapan :

1.      Dorongan kodrat
Kodrat ialah sifat, keadaan atau pembawaan ilmiah yang sudah mereka miliki sejak mereka diciptakan oleh Allah. Misalnya saja menangis, gembira, berpikir, berkata, dsb. Dorongan kodrat itulah yang menyebabkan manusia untuk mempunyai keinginan atau harapan, misalnya menangis, tertawa, gembira, dsb. Seperti halnya orang yang menonton sebuah pertandingan, mereka datang untuk merasa gembira dan terhibur dengan pertandingan yang dilaksanakan.

2.      Dorongan kebutuhan hidup
Sudah kodrat juga manusia untuk hidup pasti membutuhkan berbagai macam kebutuhan hidup seperti kebutuhan jasmani dan rohani. Untuk memenuhi kebutuhan itu semua manusia bekerja sama dengan manusia yang lainnya. Hal ini karena setiap manusia pasti mempunyai keterbatasannya masing-masing baik jasmani atau rohani. Oleh karena itu, dengan adanya dorongan kebutuhan ini akan menimbulkan harapan karena harapan itu sendiri pada hakekatnya adalah untu memenuhi kebutuhan hidupnya menjadi lebih baik.

Menurut Abraham Maslow, sesuai dengan kodratnya harapan manusia atau kebutuhan manusia itu ialah :
1.      Kelangsungan hidup atau survival
2.      Keamanan atau safety
3.      Hak dan kewajiban untuk mencintai atau dicintai
4.      Diakui dalam  suatu lingkungan atau status
5.      Perwujudan cita-cita atau self actualization

Materi Referensi : E-Book Universitas Gunadarma

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »