Pelapisan sosial


Pelapisan sosial atau biasa disebut juga stratification adalah pembagian orang orang dalam masyarakat ke dalam tingakatan tingkatan tertentu yaitu ada yang terbagi di tingkat atas dan tingkatan rendah.

Penyebab terjadinya pelapisan sosial :
-          Adanya perbedaan ekonomi, contohnya adalah si kaya akan lebih di pandang dan diutamakan karena mempunyai uang yang banyak sedangkan si miskin akan dipandang seblah mata dan tersisihkan.
-          Adanya perbedaan status sosial, contohnya adalah seorang ustadz tentu akan dipandang lebih istimewa dan terbedakan dengan seeorang yang biasa biasa saja, dalam hal ini adalah tentang agama.
-          Adanya perbedaan kekuasaan , contohnya adalah seorang pimpinan pasti akan memiliki keistimewaan yang lebih dan lebih diutamakan dibanding yang lainya karena faktor kekuasaan yang ia miliki.
-          Adanya faktor keturunan,  contohnya adalah ketika seorang minoritas berada di suatu lingkungan mayoritas, maka ia akan lebih tersingkirkan ketimbang sang ayoritas.
-          Dll


Asas kesamaan derajat
Asas kesamaan derajat pada hakikatnya adalah kebalikan dari stratification atau pelapisan sosial, dimana maksudnya adalah tidak mengelompokkan atau mengistimewakan satu pihak namun menyamaratakannya dengan dasar bahwa semua mempunyai hak dan kewajiban yang sama sebagai manusia.

Seperti yang ada di UUD 1945 pasal 27 ayat 1 yang berbunyi :

“setiap warga negara memunyai kedudukan yang sama dalam hukum dan wajib menjunjung hukum dan pemerintahan itu tanpa kecuali”

Dan ayat 2 yang berbunyi :

“ tiap tiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan”

Jadi kesimpulannya adalah memang tak bisa dipungkiri bahwa masyarakat di Indonesia masih melakukan pelapisan sosial baik secara langsung maupun tidak langsung, namun yang harus kita pertahankan adalah sikap persamaan derajat dimana kita semua adalah sama dan tidak ada bedanya namun tetap harus adanya sikap saling menghargai antara satu dan yang lainnya agar tidak terjadi perpecahan satu sama lain.

sekian artikel singkat saya dengan mata kuliah ilmu sosial dasar di Univ. Gunadarma  sekian dan terimakasih.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »