Agama dan masyarakat


Dalam postingan saya kali ini tugas artikel dari mata kuliah sosdas univ gunadarma, saya akan mencoba mengungkapkan pendapat saya pribadi mengenai agama dan masyarakat.

Fungsi agama dalam masyarakat :
Fungsi agama dalam masyarakat tentunya sangat banyak, yaitu sebagai penuntun dan pedoman kita dalam hidup bermasyarakat. Selain itu, agama juga berfungsi sebagai alat untuk mempererat tali silaturahmi antara satu sama lain guna menciptakan rasa persaudaraan dalam kehidupan bermasyarakat. Sebagai contohnya adalah ketika idul adha tiba, masyarakat yang mempunyai rezeki lebih dan mengkurbankan hewan kurba untuk di sembelih lalu dagingnya dibagikan ke warga sekitar terutama warga yang tidak mampu. Selain menunaikan tugas atau kewajiban kita terhadap agama, kita juga berkesempatan untuk mempererat rasa persaudaraan dan rasa kasih sayang antar warga sekitar. Contoh yang lainnya adalah ketika ada warga yang anggota keluarganya yang meninggal, maka tugas kita adalah membantu menguruskan jenazah serta ikut tahlilan di malam harinya, hal itu juga dapat mempererat tali persaudaraan di masyarakat.


Lembaga – lembaga keagamaan di masyarakat :

-          Lembaga keagamaan yang paling kecil di masyarakat adalah kelompok keagamaan yang biasanya mengadakan kegiatan mingguan
-          Lembaga yang cakupannya lebih luas adalah organisasi masyarakat (ormas)
-          Lembaga yang lebih tinggi lagi adalah departemen keagamaan RI

Walaupun agama merupakan sarana sebagai alat pemersatu antar masyarakat, namun tidak menutup kemungkinan terjadinya konflik konflik atau gesekan gesekan yang  dimanfaatkan oleh sejumlah pihak untuk menciptakan kekacauan dan perpecahan bangsa. Contohnya adalah isu akan perbedaan agama yang satu dan yang laiinya sehingga terjadinya tawuran dan bentrokan antar penganut agama yang satu dan agama yang lainnya.

Jadi,  setiap agama pasti mengajarkan sikap toleransi saling menghormati antara pemeluk agama yang satu dan yang lain sehingga terciptanya kedamaian antar umat beragama dan tidak timbul perpecahan dan kekacauan bangsa.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »