Pengaruh sosial

Pengaruh sosial
Dalam pembahasan saya kali ini dari mata kuliah Ilmu sosial dasar di Universitas Guadarma, saya akan membahas tentang pengaruh sosial.
Apa itu pengaruh sosial?
Dalam definisi pribadi, pengaruh sosial merupakan sesuatu dampak sosial yang mempengaruhi atau berdampak bagi kebudayaan, adat istiadat ataupun norma norma setempat baik itu bersifat pengaruh yang bersifat positif baik pengaruh sosial yang bersifat negatif
.
Contoh pengaruh sosial yang bersifat positif  (teknologi) :
Pengaruh teknologi yang semakin maju yang sangat berpengaruh dalam kehidupan kita sehari hari. Contohnya di dalam kehidupan kampus dimana baik sistem pembayaran, sistem informasi, sistem absen,dsb. Yang sudah berbasis internet dan menggunakan teknologi teknologi yang canggih dalam penggunaannya.
Contoh lainnnya adalah didalam kehidpan bisnis yang mulai juga menggunakan internet sebagai media periklanan dan juga sebagai media pembayarannya yang mau tidak mau akan juga mengubah gaya hidup masyarakat luas.

Contoh pengaruh sosial yang bersifat negatif (teknologi) :
Selain membawa dampak positif, tentunya teknologi ini juga akan turut serta membawa pengaruh negatif yang dapat mempengaruhi kehidupan sosial di masyarakat.
Kita ambil satu contohnya yaitu dampak negatif dari penggunaan internet yang semakin “menggila”. Mungkin memang benar internet membawa banyak sekali manfaat dan pengaruh yang positif bagi segala aspek dalam kehidupan kita, namun kita juga harus tahu bahwa internet juga akan membawa dampak dan pengaruh negatif bagi kehidupan sosial kita. Dengan adanya internet terutama jejaring sosial baik itu berbasis website ataupun berbentuk aplikasi sebuah handpone membuat kita jarang berkomunikasi langsung dan saling berinteraksi dengan teman, keluarga, ataupun yang lainnya. Selain itu, dengan menjamurnya internet dimana mana, itu juga sangat berdampak negatif bagi anak anak yang masih belum tau dan belum bisa membedekan mana internet yang sehat dan mana berinternet yang tidak sehat. Ada kasus anak melakukan dan membuat adegan adegan porno karena mengikuti adegan video yang ia tonton di internet. Ada juga kasus anak yang bahkan sampai meninggal karena bermain game di internet sampai lupa waktu. Itulah hanya sebagian kecil dampak pengaruh sosial dari teknologi dari sisi negatifnya.

Oleh karena itu, pengaruh pengaruh sosial yang datang pada dasarnya bisa bersifat negatif ataupun positif sehingga kita harus pandai pandai dalam memilah milih mana pengaruh yang harus kita tiru atau kita aplikasikan dalam kehidupan sehari hari dan mana pengaruh yang harus kita buang jauh jauh karena itu bersifat negatif atau pun karena tidak sesua dengan norma dan adat istiadat yang berlaku di kehidupan masyarakat disekitar kita.
                                                                                                                      

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »